Sejarah Hari Kebangkitan Nasional Tanggal 20 Mei (Harkitnas)

Ada apa dengan tanggal 20 Mei. Tanggal 20 Mei hari bersejarah apa. Pada Tanggal 20 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Kenapa Tanggal 20 Mei dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Apa itu Kebangkitan Nasional Indonesia. adalah periode pada paruh pertama abad ke-20, dimana Rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran Nasional Sebagai Rakyat Indonesia. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya " Boedi Oetomo " dan ikrar Sumpah Pemuda.

Sejarah-Hari-Kebangkitan-Nasional-Tanggal-20-Mei-Harkitnas


Apa itu Boedi Oetomo. Boedi Oetomo adalah Organisasi pemuda yang didirikan oleh "DR.Soetomo", serta para Mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908 yang digagaskan oleh " DR.Wahidin Sudirohusodo", yang mana organisasi ini bersifat:

  • Sosial
  • Ekonomi
  • Kebudayaan Tetapi tidak bersifat politi

Dengan beridirinya Boedi Oetomo menjadi awal gerakan yang bertujuan untuk mencapai Kemerdekaan Indonesia, memperjuangkan kesetaraan pendidikan bagi kaum pribumi atau rakyat menengah untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan rakyat kalangan atas/elit. Budi Utomo kemudian melahirkan Tokoh-Tokoh sejarah seperti:

Adapun Tokoh-Tokoh sejarah tersebut adalah:

  • Goenawan Mangoenkoesoemo
  • Latumeten
  • Soetomo
Hari kebangkitan Nasional Indonesia pertama kali peringati pada tahun 1948. Hari Kebangkitan Nasional disingkat dengan " Harkitnas " Hari Kebangkitan Nasional pada era Pemerintahan Presiden Soekarno di Yogyakarta, pada kesempatan itu, Soekarno menyampaikan bahwa Boedi Oetomo merupakan Tonggak Pergerakan Nasional.

Pada Tahun 1935, Budi Utomo bergabung kedalam partai Indonesia Raya(Parindra)., walaupun budi utomo bukan merupakan organisasi pergerakan Nasional yang pertama di Indonesia, menurut Mohammad Hatta dalam tulisanya dimajalah " Star Weekly, pada 17 mei 1958, Boedi Oetomo sudah Mempunyai semangat Nasional.

Soewardi Soerjaningrat saat menjalani masa pembuangan di Belanda menulis sebuah artikel di Nederlandsch-Indie Out dan Nieuw terbitan tahun ketiga 1918-1919. Tampa ragu kini saya berani menyatakan bahwa pada tanggal 20 Mei adalah hari " Indisch -National (Indisch-Nationale dag) atau yang kita sebut dengan "hari kebangkitan Nasional "

Orang pertama yang menyatakan bahwa hari lahirnya Boedi Oetomo adalah Hari Kebangkitan Nasional adalah " Soewardi ", Boedi Oetomo bertujuan untuk menciptakan persatuan kaum pribumi yang bersifat umum dan sebagai pelopor untuk mendapatkan Pendidikan yang merata bagi seluruh Rakyat Indonesia.(Sumber:jabar.tribunnews.com/2019/05/20/sejarah-lengkap-hari-kebangkitan-nasional-lengkap-dengan-deretan-ucapan-selamat-harkitnas?page=4) yang mana dalam artikel blog ini admin ulas dengan gaya bahasa admin sendiri.

Ucapan Selamat Hari Kebangkitan Nasional atau Kata kata indah untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional Setiap Tahun Tanggal 20 Mei


  • Kata bangkit tidak harus berurusan dengan melawan penjajah, namun bisa juga dengan bangkit untuk menjadikan diri merdeka darin perilaku yang dapat memecah bangsa. Ayo bersatu untuk menjaga,melindungi dan membangun bangsa Indonesia untuk lebih baik
  • Bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang, ayo lakukan perjuangan itu dengann tindakan yang nyata dengan memberikan tindakan terbaik untuk bangsa kita, selalu berkarya untuk bangsa,mari harumkan nama bangsa dengan prestasi prestasi. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 
  • Semoga di hari kebangkitan Nasional Indonesia tepatnya pada tanggal 20 Mei ini, yang bukan hanya dijadikan sebagai peringatan saja. Namun kita berharap Bangsa Indonesia lebih baik, lebih maju damai dan sejahtera.
  • Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei setiap Tahun-nya, ayo bangkit dari segala keterpurukan,ayo bangkit dari segala masalah, ayo maju untuk memberikan yang terbaik untuk Negara Kita Indonesia
  • Jika kita belum mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa ini, jangan pernah kotori bangsa ini dengan sikap dan perilaku yang buruk. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei
  • Rakyat yang baik adalah rakyat yang bisa mencintai bangsa dengan Baik dan selalu menjaga kedamain bangsa. Mari bersatu untuk selalu menjaga Kedamaian bangsa kita Indonesia.Kekuatan atau kelemahan suatu bangsa ada di tangan bangsa itu sendiri, semakin bersatu penduduk suatu bangsa maka semakin kuatlah bangsa itu. Ayo ayo bersatu selalu untuk menjaga kedaulatan dan kedamaian bangsa kita Indonesia.Selamat hari Kebangkitan Nasional 20 mei
Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam artikel tentang penulisan sejarah Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei. Kesalahan yang merupakan ketidaksengajaan admin dalam menulis dan admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.


source https://caraceksisapaket.blogspot.com/2020/05/Sejarah-Hari-Kebangkitan-Nasional-Tanggal-20-Mei-Harkitnas.html

Comments

Popular posts from this blog

cara mengubah bahasa Subtitle di Viu Menjadi Bahasa Indonesia

Apa itu Digipos dan Bagaimana Cara Mendaftar Digipos

Review Sipnosis Film IP MAN 4 Tayang 25 Desember 2019